Kucing Kesayangan Mendadak Lemas? Ini Cara Mengatasinya

Si kucing akan siap membawa keceriaan di rumah kamu lagi

13
40020

Kucing kesayangan kamu yang biasanya selalu aktif tiba-tiba terlihat lemas dan hanya diam saja? Duh, pasti sedih banget, ya. Seperti kehilangan teman bermain dan penyemangat di rumah. Sama seperti manusia, kucing juga dapat terserang penyakit. Pada umumnya, kucing yang terserang penyakit akan mengalami gejala lemas, tidak nafsu makan, hingga muntah-muntah.

Namun, Sobat Shopee tidak perlu panik jika mengalami situasi ini. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk membuat kucing kembali sehat dan ceria.

1. Beri air minum yang bersih

Salah satu penyebab kucing lemas adalah dehidrasi. Maka dari itu, Sobat Shopee bisa memberinya air minum yang bersih. Gantilah air minum jika sudah mulai kotor agar terhindar dari bakteri.

2. Beri multivitamin

Multivitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing dan memberinya nutrisi yang diperlukan. Sobat Shopee juga harus menyesuaikan pemberian vitamin dengan kebutuhan si kucing ya, jangan sampai asal pilih.

3. Beri susu kucing

Sama seperti susu untuk manusia, susu kucing juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing seperti kalsium, protein, dan serat. Saat ini tersedia beragam jenis susu kucing dengan manfaat yang berbeda pula, seperti susu untuk kucing menyusui hingga susu untuk kitties. Sobat Shopee bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan si kucing.

Cek pilihan susu kucing di Shopee berikut ini

 

4. Pancing dengan makanan dryfood atau rawfood

Cobalah memberikan makanan yang berbeda dari makanan rutinnya. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan kembali selera makannya. Jika biasanya Sobat Shopee memberinya dengan dry food maka gantilah dengan raw food dan begitu pula sebaliknya. Sobat Shopee bisa memberinya makan dengan menggunakan pipet atau syringe (suntikan tanpa jarum) jika kucing terlampau lemas.

5. Beri obat cacing

Penyebab kucing lemas salah satunya adalah karena cacingan. Cacing yang berada di dalam tubuh kucing akan mengambil nutrisi yang diperlukan kucing. Untuk itu, Sobat Shopee bisa memberinya obat cacing.

Cek pilihan obat cacing untuk kucing di Shopee berikut ini

6. Bersihkan kandangnya

Tempat yang kotor akan menjadi sarang penyakit. Jadi, Sobat Shopee sebaiknya rutin membersihkan kandang kucing. Ganti juga kain atau bantalan tidur kucing dengan yang baru secara rutin.

Itu dia beberapa cara yang bisa Sobat Shopee lakukan ketika si kucing sakit dan lemas. Jika setelah melakukan cara di atas si kucing tidak kunjung sembuh, maka Sobat Shopee bisa membawanya ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Image: Unsplash

AM

NEWSLETTER

Mau dapat lebih banyak inspirasi dari Shopee? Yuk, sign up ke newsletter kami!

13 COMMENTS

  1. Tolong dong, kucing aku sakit dia muntah+tubuhnya lemes+kaki dan tangannya dingin+ pernafasannya naik turun, dan kucing ku sekarang kurus dulunya gemuk. Tolong yaa dibantu, mksih sebelumnya
  2. Kucing saya kemarin meninggal... Entah keracunan apa, tapi tidak muntah. Badan sudah dingin, berjalan tidak seimbang, dan sedikit kejang... Mohon doanya bisa dipertemukan lagi sama anabulku ini, usianya baru 4 bulan... Bagi para pemelihara kucing, sayangin kucing kalian. Amati terus tingkah lakunya, jika ada yang aneh atau menunjukkan gejala sakit, segera dizcek atau diperiksakan ke dokter...
  3. Tolong dong pliss😭kucingku lemes banget bener2 lemes parah,badannya dingin banget,trus dia mencret parah😭tolong ini ngobatinnya pake apa😭sekarang dia tidur aja gabisa ngapa ngapain😭dia beneran lemes banget sampe aku kira dia udah mati ternyata masih bernafas😭😭😭plis tolong gimana cara ngobatinnya 😭
    • Mbak, kalo kucing udah mencret parah sampe lemes, ya langsung dibawa ke drh dong .... Mencret parah, atau mencret plus muntah, atau cuma muntah2 pun wajib langsung ke dokter hewan. 3 hari telat bawa ke dokter hewan, yg ada kucingnya bakal mati. Tapi jangankan 3 hari. Terkadang cuma 2 hari atau sehari aja, ada kucing yg ngga kuat bertahan, trus mati.
    • D kasih LactoB obat diare kucing dan anak sist. Kucing q klo skt sy ksh itu alhmdulillah cpt pulih kmbali.
    • Lemes kalo tanpa muntah mencret, coba terus suapin makan minum tiap 1 jam sekali. Tapi kalo ditambah muntah/mencret/muntah+mencret, langsung aja bawa ke dokter hewan sebelum kucingnya mati duluan.
  4. Kucing aku kyk botak2 bulet2 teruss lemes dan g bisa meow kalau meow g ada suara nya aku bingung di apain aku langsung bawa k klinik hewan yaa tapii dia sekarang masih aja sakit bantu doanya y kawan🙏
  5. Saya ketemu kucing di jalan tapi saya liat kucing itu tidak ada matanya saya perlu petugas penjaga hewan plisss tolong saya rumah saya berada di M.said gg 21 samarinda karang paci

LEAVE A COMMENT

Please enter your comment!
Please enter your name here

Previous articleInspirasi Macam-Macam Selai Olesan Untuk Teman Sarapan
Next articleBegini Caranya Mengakali Atasan Transparan agar Tak Terlihat Tembus Pandang