Kerokan merupakan salah satu metode yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi masalah masuk angin. Biasanya setelah kerokan, badan akan terasa lebih ringan dan segar. Kerokan juga merupakan metode yang cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak biaya, makanya tidak heran jika metode ini sering dijadikan alternatif untuk menyembuhkan masalah masuk angin.

Kerokan juga sudah terkenal dari zaman kerjaan dahulu. Terdapat kepercayaan tertentu bahwa koin yang digunakan juga dapat menarik roh jahat yang ada pada tubuh seseorang, sehingga sakit yang di derita dapat hilang. Ternyata, metode ini juga dilakukan oleh beberapa negara Asia lainnya seperti Vietnam yang dikenal dengan Cao Gio, Kamboja yang dikenal dengan Goh Kyol dan China yang dikenal dengan Gua Sha.

Lalu, kenapa ya setelah kerokan badan terasa lebih enak? Faktanya, kerokan merupakan metode untuk memperlebar pembuluh darah dan akan memperlancar aliran darah. Namun, jika dilakukan secara rutin dapat menimbulkan luka dan membuat pembuluh darah kecil dan halus pecah.

Sobat Shopee tidak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya jika tidak dijadikan kebutuhan mendasar. Namun ada baiknya sebelum memulai metode ini, bersihkan logam yang akan digunakan terlebih dahulu, karena kita tidak tahu bakteri apa saja yang terdapat pada logam yang akan digunakan.

Banyak yang mempercayai bahwa semakin pekat warna yang ditimbulkan setelah kerokan adalah pertanda bahwa angin yang masuk ke tubuh kamu banyak. Nyatanya, hal tersebut tidak berkaitan sama sekali, warna merah yang timbul merupakan pertanda bahwa pembuluh darah halus di bawah permukaan kulit telah pecah. Jadi efek samping tersebut akan timbul pada siapapun yang melakukan metode ini.

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari kerokan. Selain mengatasi masalah masuk angin, kerokan juga dapat menjadi alternatif untuk nyeri leher, sakit kepala migrain, sindrom tourette (kedutan berulang pada wajah) serta gangguan pada tenggorokan dan suara, lho!

Namun jika penyakit yang di derita sudah cukup mengganggu dan berkelanjutan, sebaiknya periksakan ke dokter agar penyakit yang di derita dapat terdeteksi penyebabnya dan tidak semakin parah.

DP

NEWSLETTER

Mau dapat lebih banyak inspirasi dari Shopee? Yuk, sign up ke newsletter kami!

5 COMMENTS

  1. Informatif banget! Selama ini aku kira kerokan cuma dilakuin di Indonesia, ternyata di negara lain banyak juga. Selama ini aku mikir kulitnya jadi merah karena banyak gesekan koin ke kulit, hm dapet ilmu baru deh! Jadi inget dulu waktu kecil pernah dikerokin ibu tapi pakenya bawang wkwk
  2. Terjawab sudah mitos yang selama ini beredar bahwa kerokan itu bahaya atau tidak. Ternyata jawaban nya ada disini, jangan terlalu sering dan jangan pakai koin yang kotor ? Kadang melalaikan step membersihkan koin buat kerokan nih ? Jadi mulai saat ini harus ngubah kebiasaan untuk jangan asal comot recehan buat kerokan ? okesiap ??
  3. Dan juga manfaat lain dari kerokan ini manfaat yang paling utama, badan jadi lega + badan bersihan soalnya dakinya ngikut ke koin????.
  4. Kerokan dan masuk angin tuh salah dua hal yg setiap orangpasti pernah ngalamin. Kerokan : the traditional way to healty .. Hahaha ..

LEAVE A COMMENT

Please enter your comment!
Please enter your name here

Previous article7 Kegunaan Lain Baking Soda, Lebih dari Sekedar Bahan Memasak!
Next articleFoto Bayi-Bayi Binatang Ini Dijamin Bikin Kamu Ingin Pelihara