Makanan Khas Aceh Yang Buat Lidahmu Bergoyang Dombret!

Karena nggak cuma badan aja yang bisa goyang, lidah juga bisa lho! Apalagi kalau ketemu dengan 5 makanan ini!

0
123

Indonesia tak hanya kaya akan adat dan budaya yang mampu menarik hati para wisatawan. Kuliner khas negeri tercinta ini rupanya juga mampu membius lidah lokal dan juga mancanegara lho! Jelas saja, ini karena Indonesia kaya akan rempah-rempah yang membuat makanan menjadi semakin nikmat. Nah, kamu sudah pernah nyobain makanan kaya akan rempah dari Aceh belum? Kalau belum, masukkin 5 kuliner khas Aceh dibawah ini ke dalam list kamu ya saat berkunjung ke kota Serambi Mekkah tersebut!

1. Mie Aceh

Image: resepmasakankreatif.com

Siapa yang suka makan mie? Wah pasti kamu salah satu penggemarnya! Eits, tapi yang satu ini bukan mie goreng atau mie rebus biasa lho! HidanganĀ  mie aceh berisi mie kuning tebal yang dicampur dengan topping daging, seafood, dan ayam dengan racikan rempah khas Aceh. Wah makan ini bakalan makin enak jika ditemanin dengan bawang goreng, dan acar timun. Rasa pedas gurih dibalut dengan kriuknya emping dijamin bikin kamu mau coba lagi dan lagi!

2. Roti Cane

Image: foodjournalz

Kamu lagi mau yang manis-manis? atau asin gurih? Kamu bisa nyobain dan berkreasi dengan roti cane khas Aceh ini! Kalau kamu mau nyemil dan mengingkan sesuatu yang manis, kamu bisa banget nih makan roti cane yang dilapisi gula, madu, atau susu kental manis diatasnya. Kalau mau yang gurih, cobain deh makan roti cane ini pake kuah kari. Wah endol banget!

3. Kue Timpan

Image: cookpad.com

Hidangan manis penutup ini terbuat dari tepung ketan dan labu yang diisi dengan sarikaya dan dibungkus dengan daun pisang. Kalau kamu pergi ke Aceh saat bulan Ramadhan, kamu pasti bakal menemukan dan tergiur dengan sajian khas Aceh yang satu ini!

4. Ayam Tangkap

Image: makanajib.com

Potongan ayam yang digoreng renyah yang kemudian disajikan denganĀ  dedaunan seperti daun pandan, dan daun temurui ini nikmat banget lho, apalagi kalo disantap dengan nasi hangat. Rasa gurih dari ayam yang dibumbui dengan cabe hijau, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, dan juga air asam jawa bikin kuliner yang satu ini jadi unik dan nggak seperti ayam goreng biasa! Cobain deh, pasti kamu ketagihan!

5. Kuah Beulangong

Image: steemit.com

Kamu pecinta kari? Wah berarti kamu harus nyobain kuliner Aceh yang satu ini nih! Kuah beulangong merupakan sajian kari daging sapi atau kambing yang bakal memanjakan lidah kamu dengan kuah karinya yang kental dan kaya akan rempah-rempah. Makanan ini juga cocok banget buat kalian penggemar makanan pedas. Konon katanya supaya rasa khas Acehnya semakin nendang, pemasak menggunakan tiga cabai sekaligus yang dimasak, yaitu cabai merah, cabai rawit, dan juga cabai kering. Menggoda banget kan?

Nah, itu dia 5 makanan khas Aceh yang bisa bikin lidahmu bergoyang dombret alias nggak mau berhenti ngunyah! Kalau favorite kamu yang mana?

Image: Kuliner.panduanwisata.id

RR

NEWSLETTER

Mau dapat lebih banyak inspirasi dari Shopee? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A COMMENT

Please enter your comment!
Please enter your name here

Previous articleEMPAT #3 – Rahasia yang Terbongkar
Next articleToyota Fortuner VRZ, Si Tangguh yang Banyak Berkeliaran di Jalan