Tebak Mitos atau Fakta Hewan Peliharaan, Pencinta Hewan Sejati Pasti Tahu!

Apakah kamu berhasil menjawab semua dengan benar?

11
1001
Source: Unsplash

Hewan peliharaan seperti kucing atau anjing memang menjadi salah satu penyemangat kita selama di rumah. Suasana hati yang buruk akibat pekerjaan atau patah hati, bisa terasa lebih ringan ketika melihat tingkah lucu mereka.

Nah, kalau kamu mengaku pencinta hewan, coba jawab beberapa pertanyaan berikut ini seputar mitos dan fakta hewan. Kira-kira kamu dapat hasil berapa, ya? Langsung bagikan hasil kuis kamu di kolom komentar di bawah, yuk!

Ular tidur dengan mata terbuka

Correct! Wrong!

Faktanya, ular tidak bisa berkedip, sehingga ia akan tidur dengan mata terbuka. Jadi jangan kaget kalau melihat tatapan ular peliharaan kamu di malam. Mungkin saja ia sebenarnya sedang tertidur, lho.

Jika anjing menjulurkan lidah sambil terengah-engah itu tandanya ia sedang kelaparan

Healthy Pets
Correct! Wrong!

Bukan kelaparan tapi ia justru sedang kepanasan, Sobat Shopee. Anjing tidak memiliki kelenjar keringat di tubuhnya. Satu-satunya bagian yang berkeringat adalah telapak kaki. Namun, hal itu tidak cukup untuk mendinginkan tubuhnya. Maka dari itu, ia menjulurkan lidah sambil terengah-engah untuk menurunkan suhu tubuhnya.

Induk burung akan menolak bayinya yang telah disentuh oleh manusia

Correct! Wrong!

Berbeda dengan hamster, indra penciuman burung tidak terlalu kuat untuk mencium sentuhan manusia. Induk burung memang akan merasa waspada ketika telurnya berpindah tempat, namun ia tetap akan merawat bayi-bayinya, lho.

Bebek tidak bisa terbang

Correct! Wrong!

Faktanya, bebek bisa terbang, lho. Kita memang lebih sering melihat bebek peternakan yang melompat kecil seperti gagal untuk terbang. Namun, beberapa jenis bebek liar mampu terbang hingga 80km/jam. Mereka memang terbang lebih lambat dibanding burung lainnya karena beban berat badannya.

Lebah madu hanya bisa menyengat sekali saja

Correct! Wrong!

Faktanya, lebah madu memang hanya bisa menyengat sekali saja dalam hidupnya. Berbeda dengan jenis lebah lainnya seperti tawon yang bisa menyengat berkali-kali. Lebah madu bahkan termasuk lebah yang jarang menyengat, lho. Mereka hanya akan menyengat jika rumahnya diganggu atau merasa terancam.

Kucing memiliki 9 nyawa

PetFinder
Correct! Wrong!

Faktanya, sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing hanya memiliki satu nyawa, Sobat Shopee. Mitos ini beredar karena kucing terlihat selalu berhasil "selamat" dari berbagai kejadian. Padahal, hal ini disebabkan karena kucing merupakan hewan yang gesit dan pintar.

Dilarang mengangkat kelinci dengan memegang bagian telinga

NPR
Correct! Wrong!

Faktanya, telinga adalah bagian tubuh kelinci yang paling sensitif karena terdapat banyak syaraf. Mengangkat kelinci dengan memegang bagian telinganya justru akan membuat kelinci merasa stres dan kesakitan.

Ayam berkokok di malam hari pertanda ada makhluk gaib di sekitarmu

Pixabay
Correct! Wrong!

Faktanya, ayam berkokok di malam hari merupakan persiapan untuk memasuki musim kawin, Sobat Shopee. Selain itu, ayam berkokok di malam hari juga bisa dikaitkan dengan ramalan cuaca, lho. Pasalnya, hormon reproduksi ayam dipengaruhi oleh sinar matahari. Jadi, jika ayam berkokok di malam hari maka bisa menjadi pertanda kalau esok hari akan cerah.

Bunglon akan selalu menyesuaikan warna kulitnya sesuai lingkungan

Geek
Correct! Wrong!

Faktanya, perubahan warna kulit bunglon bukan karena untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan saja. Perubahan ini sebenarnya dipengaruhi oleh suasana hati, suhu, keinginan untuk berkomunikasi dengan bunglon lainnya, serta perlindungan diri.

Anjing bisa bermimpi

Pure Wow
Correct! Wrong!

Faktanya, anjing memang bisa bermimpi. Namun, mimpi anjing tidak seperti sedalam dan serumit manusia. Anjing hanya bermimpi kegiatan-kegiatan yang biasa ia lakukan, seperti makan, mengejar bola, atau berlari.

Tebak Mitos atau Fakta Hewan Peliharaan, Pencinta Hewan Sejati Pasti Tahu!
Pencinta Hewan Sejati!

Wah, pengetahuan kamu tentang hewan luas banget nih, Sobat Shopee. Terbukti kamu memang ingin mengetahui sesuatu tentang hewan, bukan hanya tertarik dengan wajah imut mereka saja. Dikelilingi hewan kesayangan jadi salah satu impian kamu, nih!
Masih suka hewan kok tapi nggak mencari tahu tentang mereka aja sih

Kamu masih suka melihat dan mengelus hewan-hewan lucu ini, tapi tidak terlalu peduli dengan informasi seputar mereka. Yang penting mereka lucu aja udah cukup kok!
Hmm, biasa aja sih

Bukan berarti kamu pembenci binatang kok. Hanya saja buat kamu binatang bukanlah sesuatu yang bisa membuat hati senang atau berdebar. Kamu mungkin tidak tertarik memelihara hewan di rumah.

Share your Results: